Desain Kolam Renang Minimalis Modern dan Cara Perawatannya

By
Kolam renang adalah salah satu bagian eksterior rumah yang menarik. Memiliki kolam renang yang luas dan nyaman merupakan impian bagi banyak orang. Banyak orang yang tertarik untuk memiliki kolam renang di rumah mereka, baik kolam renang dalam bentuk minimalis maupun kolam renang yang luas. Desain kolam renang minimalis menjadi idaman bagi mereka yang memiliki rumah yang tidak terlalu luas. Namun jangan salah, kolam renang minimalis dapat menjadi kolam renang yang nyaman untuk bersantai layaknya kolam renang luas jika didesain dalam bentuk yang sempurna.

Nah, desain kolam renang seperti apakah yang Anda sukai?

Terdapat bermacam-macam desain kolam renang minimalis yang bisa menjadi pilihan menarik untuk Anda yang sedang berencana untuk membangun kolam renang.

Silahkan anda telusuri beberapa contoh desain 3d kolam renang yang sudah pernah saya publikasi sebelumnya di sini.

Hal pertama yang harus Anda tentukan sebelum membangun kolam renang adalah dengan menyesuaikan luas area kolam renang dengan desain yang akan dibuat.

Selain itu, Anda juga harus siap dengan resiko perawatannya. Merawat kolam renang tidak semudah yang Anda bayangkan. Jadi, tentukan desain kolam renang sesuai dengan kemampuan Anda dalam merawat dan membersihkannya.

Apabila Anda merasa tidak punya cukup waktu untuk membersihkan kolam renang yang luas, Anda dapat membangun kolam renang dengan desain minimalis saja.

Desain Kolam Renang Minimalis Model Spa

Salah satu desain  kolam renang yang cukup populer adalah desain kolam renang minimalis model spa. Kolam renang ini biasanya dibangun di belakang rumah. Kolam renang dengan model spa memiliki bentuk yang unik dan aksen yang berkelas. Memiliki kolam renang dengan model spa akan membuat eksterior rumah Anda menjadi lebih menawan. Kolam renang spa merupakan salah satu desain kolam renang yang modern.

Desain kolam renang minimalis model spa

Bentuk kolam renang spa biasanya dikombinasikan dari kolam renang yang biasa digabung dengan kolam renang spa dalam satu tempat. Bentuk bagian kolam renang spa lebih kecil dan diletakkan di bagian pinggir. Anda tidak harus memiliki kolam renang yang luas untuk  memiliki kolam renang model spa.

Desain kolam renang minimalis model spa Tampak atasHal yang terpenting dalam merealisasikan desain kolam renang minimalis model spa adalah pemilik dapat membagi bentuknya menjadi bagian-bagian yang tepat. Area kolam spa biasanya dibangun dalam bentuk yang lebih kecil untuk membuat konstruksi air panas di dalamnya menjadi lebih baik. Anda dapat menikmati waktu santai di kolam spa sambil mengawasi anak-anak yang bermain di kolam.

Untuk mempercantik kolam renang spa, Anda bisa mendesain kolam renang dengan aksesoris kolam renang. Aksesoris seperti kursi malas, bantal, payung, bahkan gazebo dapat diterapkan di sekitar area kolam renang Anda. Untuk membuat suasana menjadi lebih segar, aplikasikan pula tanaman-tanaman hijau yang menyejukkan di pinggiran kolam renang.

Desain Kolam Renang Minimalis Model Indoor

Desain kolam renang minimalis indoor
Desain menarik berikutnya adalah desain kolam renang minimalis indoor. Berbeda dengan kolam renang spa yang biasanya dibangun di outdoor, kolam renang indoor juga merupakan kolam renang modern yang memberikan banyak keuntungan bagi para pemiliknya. Dengan membuat desain kolam renang indoor, Anda akan tetap bisa melakukan aktifitas renang meskipun dalam cuaca yang buruk.

Namun, Anda harus mengatur sirkulasi udara yang baik agar udara di sekitar kolam renang tidak pengap. Untuk membuat kolam renang berasa lebih segar, Anda dapat meletakkan tanaman-tanaman hijau di pinggi kolam renang. Saat malam hari tiba, kolam renang tentu tidak digunakan. Namun, Anda dapat memberikan lampu warna-warni di sekitar area kolam untuk menampilkan suasana yang romantis.

Perawatan Kolam Renang Dengan Desain Minimalis 

Ketika Anda sudah memiliki kolam dengan desain kolam renang minimalis, hal terpenting yang harus Anda pikirkan adalah untuk menjaga kebersihan dengan senantiasa merawatnya. Perawatan kolam renang dapat dilakukan secara baik dalam waktu seminggu sekali, seminggu 2 kali, atau pun sebulan sekali. Perawatan kolam renang harus dilakukan demi menjaga kebersihan kolam renang dan menjaga kesehatan Anda sebagai pengguna kolam renang.

Baca juga: 2 kategori perawatan kolam renang rutin yang wajib anda ketahui

Kolam renang yang jarang dibersihkan akan menjadi tempat berkembangnya kuman dan akhirnya menimbulkan penyakit. Untuk melakukan perawatan pada kolam renang, Anda memerlukan tenaga yang ekstra. Namun, Anda dapat menggunakan jasa pembersih kolam renang yang siap melayani pembersihan kolam renang Anda.

Kolam renang yang kotor akan membuat kulit menjadi iritasi dan mata penjadi gatal serta pedih. Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa penyakit yang menular melalui air. Oleh karena itu,membersihkan kolam renang merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pemiliknya untuk menghindarkan diri dari penyakit-penyakit. 

Memberikan Algaecide pada Kolam Renang Minimalis

Cara melakukan perawatan kolam dengan desain kolam renang minimalis pertama adalah dengan memberikan algaecide selama seminggu sekali untuk menumpas ganggang. dengan baik tanpa merusak ubin kolam renang. Untuk menghilangkan air keruh pada kolam, Anda dapat memberikan clarifier ke dalam kolam renang. Clarifier memiliki manfaat untuk membuat air yang keruh berubah menjadi jernih kembali.

Mengukur Tingkat PH Kolam Renang Minimalis

Mengukur Kandungan PH Air Kolam Renang
Cara perawatan kolam dengan desain kolam renang minimalis selanjutnya adalah dengan mengukur tingkat keasaman Ph dalam waktu dua kali selama seminggu. Tingkat ph pada kolam renang yang baik adalah sedikit basa. Agar iritasi pada kulit dapat dihindari, Anda harus menjaga keseimbangan ph air kolam. Tingkat ph yang terlalu asam tidak hanya akan membuat iritasi pada kulit, namun akan membuat kolam renang menjadi cepat rusak.

Akan sangat disayangkan jika sudah membangun kolam renang dengan biaya yang banyak dan desain yang bagus namun dalam waktu sebentar sudah rusak. Selain mengontrol kadar ph, Anda harus membersihkan sampah dan kotoran seperti daun, plastik, maupun kotoran burung yang tidak sengaja masuk ke dalam air kolam. Ubin kolam renang juga perlu dibersihkan agar tidak menjadi bercak yang membandel.

Pemberian Klorin pada Kolam Renang Minimalis

Kolam dengan desain kolam renang minimalis secara tidak langsung adalah tempat yang paling nyaman bagi bakteri untuk berkembang biak. Oleh karena itu, perlu adanya sanitasi kolam renang dalam perawatan kolam renang. Sanitasi merupakan sterilisasi kolam dari segala hal yang kotor yang dapat menimbulkan bakteri berkembang biak. Anda dapat melakukan sanitasi menggunakan klorin.

Klorin mampu membersihkan bakteri maupun ganggang yang berada di kolam renang. Dengan melakukan semua perawatan tersebut, kolam renang Anda di rumah akan terjaga kebersihannya, kenyamanannya, dan juga keawetan materialnya.

Untuk Anda yang memiki kolam renang pribadi di rumah, urusan untuk merawat dan membersihkan kolam mungkin akan menjadi sesuatu yang melelahkan. Anda harus rutin untuk menyikat ubin, memperhatikan ph air di kolam renang, dan masih banyak lagi hal yang harus dilakukan dalam melakukan perawatan kolam renang.

Solusi yang paling tepat adalah dengan memanggil jasa untuk membersihkan kolam. Atau, jika Anda dan keluarga sedang memiliki waktu luang, Anda dapat bergotong-royong bersama keluarga untuk melakukan bersih-bersih kolam renang. Tetapi, memiliki kolam renang pribadi yang nyaman dan cantik dapat menjadi salah satu media untuk Anda mengajarkan anak-anak agar dapat berenang sedari kecil.

Anak-anak dapat belajar renang secara maksimal di rumah dan Anda juga akan lebih leluasa dalam mengawasinya. Pastikan Anda memiliki desain kolam renang minimalis yang cocok dengan bentuk rumah dan jangan lupa lakukan perawatan yang tepat untuk mendapatkan kolam renang yang bersih sehat. 

0 comments:

Posting Komentar